-->

PERBEDAAN STATUS GIZI ANAK USIA TODDLER (1-3 TAHUN) PADA KELUARGA YANG BEKERJA SEBAGAI PETANI DENGAN KELUARGA YANG BEKERJA SEBAGAI NELAYAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ASAKOTA KOTA BIMA

PERBEDAAN STATUS GIZI ANAK USIA TODDLER (1-3 TAHUN) PADA KELUARGA YANG BEKERJA  SEBAGAI PETANI DENGAN KELUARGA YANG BEKERJA SEBAGAI NELAYAN  DI WILAYAH  KERJA PUSKESMAS ASAKOTA KOTA BIMA

Yuwafiah Nikmah (NIM : P.00620212100) Departemen Kesehatan Republik Indonesia Politeknik Kesehatan Mataram Program Studi Keperawatan Bima 2015  

INTISARI

Anak usia toddler (1-3 tahun) merupakan kelompok anak yang rentan mengalami masalah gizi dimana berada dalam perioder tumbuh kembang dan merupakan masa yang menentukan pembentukan fisik, psikis dan intelegensi. Masalah gizi anak  usia toddler dapat dipengaruhi oleh faktor keluarga salah satunya adalah pekerjaan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan status gizi anak usia toddler (1-3 tahun) pada keluarga yang bekerja sebagai petani dengan keluarga yang bekerja sebagai nelayan di wilayah kerja Puskesmas Asakota  Kota Bima.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian comperative study dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian ini adalah 60 orang anak usia toddler di Wilayah Kerja Puskesmas Asakota dimana 30 orang anak dari  keluarga yang bekerja sebagai petani di Kelurahan Jatiwangi dan 30 orang anak dari keluarga yang bekerja sebagai nelayan di Kelurahan Melayu yang diambil dengan metode purposive sampling. Data karakteristik keluarga diambil menggunakan kuesioner dan data status gizi anak usia toddler diperoleh dengan pengukuran antopometri. Data dianalisa menggunakan Uji T-Test dengan derajat kemaknaan 5%.

Hasil penelitian menunjukkan status gizi anak usia todler di Kelurahan jatiwangi tergolong kurang sebanyak 13 orang (43, 33 %) sedangkan di Kelurahan Melayu dengan gizi kurang sebanyak 16 orang (53,33 %). Hasil uji T-Test menunjukan terdapat perbedaan antara status gizi anak usia todler pada keluarga yang bekerja sebagai petani dengan keluarga yang bekerja sebagai nelayan diwilayah kerja Puskesmas Asakota Kota Bima. Dengan hasil uji statistik T-Test diperoleh p= 0,006 < 0,05.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa status pekerjaan keluarga dapat mempengaruhi status gizi  anak usia Toddler. Diharapkan kepada keluarga dapat memperbaiki status kebutuhan gizi anak sesuai dengan angka kecukupan gizi untuk anak balitanya dan bagaimana meningkatkan nafsu makan anak dikarenakan masih ditemukan nya anak dengan gizi kurang pada penelitian ini. 

LAMPIRAN BERKAS 

0 Comments for "PERBEDAAN STATUS GIZI ANAK USIA TODDLER (1-3 TAHUN) PADA KELUARGA YANG BEKERJA SEBAGAI PETANI DENGAN KELUARGA YANG BEKERJA SEBAGAI NELAYAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ASAKOTA KOTA BIMA"
Back To Top