Saturday, 30 August 2014

PENGARUH PEMBERIAN TERAPI MUSIK MOZART TERHADAP PENGURANGAN TINGKAT NYERI HAID (DISMENORE) PRIMER PADA REMAJA USIA 15-19 TAHUN DI DESA TEMBENG PUTEK KECAMATAN WANASABA LOMBOK TIMUR

INTISARI

SKRIPSI

PENGARUH PEMBERIAN TERAPI MUSIK MOZART TERHADAP PENGURANGAN TINGKAT NYERI HAID (DISMENORE) PRIMER PADA REMAJA USIA 15-19 TAHUN DI DESA TEMBENG PUTEK KECAMATAN WANASABA
LOMBOK TIMUR


HIMAYANI

SEKOLAH TINGGI KESEHATAN (STIKES) MATARAM
TAHUN 2011/2012



LATAR BELAKANG :
Nyeri haid (dismenore) merupakan hal yang sering terjadi menjelang atau selama haid pada setiap wanita sehingga dapat mengganggu aktifitas,harus istirahat dan menimbulkan  perasaan tidak nyaman. Salah satu tindakan penurunan nyeri pada pasien nyeri haid adalah distraksi dengan mendengarkan musik (terapi musik Mozart). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian terapi musik Mozart terhadap pengurangan tingkat nyeri haid (dismenore) primer pada remaja usia 15-19 tahun di desa Tembeng Putek kecamatan Wanasaba Lombok Timur.

METODE PENELITIAN :
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre eksperimen dengan model rancangan “one group pre-test pos-test design”, dengan tehnik pengambilan sample mengunakan accidental sampling dengan jumlah responden 31 orang, data dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara, menggunakan uji t-test.

HASIL PENELITIAN :
Berdasarkan hasil uji t didapatkan nilai t-hitung: sebesar 13,09 dengan taraf signifikan 0,05  sebesar 1,697. hal ini menunjukkan ada pengaruh  yang signifikan antara tingkat nyeri sebelum dan sesudah perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah “ada pengaruh pemberian terapi musik mozart terhadap penurunan tingkat nyeri haid (dismenore) primer pada remaja usi 15-19 tahun di desa Tembeng Putek Kecamatan Wanasaba Lombok Timur”.

KESIMPULAN :
Disarankan bagi responden agar menerapkan terapi musik mozart ini sebagai upaya dalam mengatasi nyeri yang dialami pada saat menstruasi.
  
Kata kunci : Terapi Musik Mozart dan Nyeri Haid.


COVER
ABSTRAK
     
BAB I PENDAHULUAN
     
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
     
BAB III METODE PENELITIAN
     
BAB IV HASIL PENELITIAN-PEMBAHASAN
     
BAB VII PENUTUP
     
DAFTAR PUSTAKA
     
LAMPIRAN
     




No comments:

Popular Posts