Wednesday, 11 June 2014

GAMBARAN PERILAKU IBU TENTANG PENANGANAN AWAL DIARE DALAM MENCEGAH TERJADINYA DEHIDRASI PADA BALITA DI KELURAHAN TEGAL SARI MANDALA III KECAMATAN MEDAN DENAI TAHUN 2012

 GAMBARAN PERILAKU IBU TENTANG PENANGANAN AWAL DIARE DALAM MENCEGAH TERJADINYA DEHIDRASI PADA BALITA
DI KELURAHAN TEGAL SARI MANDALA III
KECAMATAN MEDAN DENAI
TAHUN 2012

 YUNIKA ANITA ANWAR
NIM. 081000193

 FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT  UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN  2013



 ABSTRAK
LATAR BELAKANG :
Balita rentan akan berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit diare. Bahaya diare terletak pada dehidrasi maka penanggulangannya yaitu dengan cara melakukan penanganan awal diare untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Orang tua khususnya ibu harus mengetahui bagaimana cara bersikap menghadapi anak yang sedang sakit dan mampu memberikan pengobatan yang efektif.

METODE PENELITIAN :
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan pengambilan sampling secara simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki balita di kelurahan Tegal Sari Mandala III yang pernah membawa anaknya berobat ke Puskesmas Tegal Sari karena terkena diare dalam kurun waktu 1 tahun sebanyak 185 orang dan jumlah sample responden yang diambil sebanyak 50 orang.

HASIL PENELITIAN :
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran karakteristik responden yaitu sebagian besar responden berusia 25-34 tahun sebanyak 52%, sebagian besar responden memiliki pendidikan terakhir SLTP 36% sebagian besar pekerjaan responden bekerja sebanyak54% dan sebagian besar responden memiliki jumlah anak <3 orang yaitu 46%. Sumber informasi yang paling efektif dalam menyampaikan informasi menurut responden adalah TV 68%. Pengetahuan responden sudah cukup baik yaitu kategori sedang 64%. Sikap responden masuk dalam kategori sedang sebanyak 70%. Tindakan responden tentang mencegah dehidrasi akibat diare masih rendah karena masuk dalam kategori kurang sebanyak 66%.

KESIMPULAN :
Dari hasil penelitian disarankan agar petugas kesehatan Puskesmas Tegal Sari Medan Denai dan instansi terkait untuk mengadakan penyuluhan dan sosialisasi tentang penanganan awal diare untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada balita yang dikemas secara menarik dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat khususnya ibu.


Kata Kunci: pengetahuan, sikap, tindakan, pengananan awal diare

FILE
KLIK  DOWNLOAD
DIBAWAH INI
COVER
ABSTRAK
BAB I PENDAHULUAN
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
BAB III & IV 
DAFTAR PUSTAKA 
LAMPIRAN 


No comments:

Popular Posts