HUBUNGAN
ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI
BELAJAR
MAHASISWA REGULER SEMESTER IV
DIV
KEBIDANAN UNS
ABSTRAK
Istiqomah
Risa Wahyuningsih1, Mochammad Arief.Tq2, M.Nur Dewi3
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi
belajar mahasiswa reguler semester IV DIV Kebidanan UNS.
Penelitian ini
merupakan jenis penelitian observasional (non experimental) dengan
rancangan penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara total
sampling dengan sampel mahasiswa reguler semester IV DIV Kebidanan UNS.
Pengukuran kebiasaan belajar didapatkan dengan menggunakan kuesioner sedangkan
prestasi belajar didapatkan dari hasil IPK semester III yang tercantum dalam
KHS.Pengolahan datanya menggunakan sistem komputerisasi SPSS seri 15 dengan
menggunakan teknik analisa korelasi Product Moment.
Hasil analisis data
dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis Product Moment diperoleh
nilai r hitung sebesar 0,649 (0,649>0,254) dan p = 0,000 (p<0,05)
sehingga menunjukkan bahwa ada hubungan antara kebiasaan belajar dengan
prestasi belajar mahasiswa reguler semester IV DIV Kebidanan UNS.
Kesimpulan dalam
penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan
prestasi belajar mahasiswa reguler semester IV DIV Kebidanan UNS. Hasil
analisis tersebut menunjukkan nilai koefisien korelasi yang diperoleh bertanda
positif, berarti ada hubungan positif antara kebiasaan belajar dengan prestasi
belajar. Artinya semakin baik kebiasaan belajar mahasiswa akan semakin baik
nilai prestasi belajarnya.
Kata kunci : Kebiasaan belajar dan Prestasi
Belajar Mahasiswa
KLIK DOWNLOAD DIBAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN
FILE LENGKAP DALAM BENTUK PDF
Tag :
ARTIKEL KESEHATAN
0 Comments for "HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA REGULER SEMESTER IV DIV KEBIDANAN UNS"