Monday, 5 May 2014

PENGARUH TERAPI WORTEL TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI KARANG LANSIA DUSUN KEBON KONGOK DESA SUKA MAKMUR KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT


ABSTRAKS

SKRIPSI

PENGARUH TERAPI WORTEL TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH
PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI KARANG LANSIA
DUSUN KEBON KONGOK DESA SUKA MAKMUR
KECAMATAN GERUNG KABUPATEN
LOMBOK BARAT

M. ZAINUL JIHAD

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) MATARAM 2011


LATAR BELAKANG :
Terapi wortel (Daucus carota) merupakan salah salah satu terapi non farmakologis yang di gunakan untuk penanganan dini pada penderita hipertensi untuk menghindari keadaan yang lebih parah yaitu terjadinya penyakit stroke. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian terapi wortel terhadap penurunan tekanan darah sebelum dan sesudah di berikan terapi wortel pada lansia dengan hipertensi di dusun kebon kongok desa suka makmur kecamatan gerung kabupaten Lombok barat.

METODELOGI PENELITIAN :
Jumlah responden yang menderita hipertensi yang di peroleh peneliti adalah 12 orang responden dan Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pra exsperimental dengan rancangan penelitian “one group pre test– post test desigen” yaitu menggunakan hubungan sebab akibat dengan cara melibatkan satu kelompok subyek.

HASIL PENELITIAN :
sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan dengan 7 responden (58%) dan laki-laki 5           responden (42%). Responden yang berumur 60-69 tahun sebanyak 9 responden (75%) dan berumur >70 tahun sebanyak 3 responden (25%). Dapat ditunjukkan bahwa tekanan darah penderita hipertensi sebelum diberikan terapi wortel sebagian besar dalam kategori hipertensi ringan sebanyak 10 responden (83,33%), hipertensi sedang 2 responden (16,67%). Tekanan darah penderita hipertensi sesudah diberikan terapi wortel sebagian besar dalam kategori normal sebanyak 9 responden (75%) dan hipertensi ringan 3 responden (25%). Dan berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil t-hitung sebesar 12,116 yang dikonsultasikan dengan t-tabel dengan tingkat kemaknaan 0,05 dan db=11 didapatkan hasil t-tabel yaitu sebesar 2,201 atau t-hitung lebih besar dari t-tabel (12,116>2,201) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya Ada Pengaruh Terapi Wortel Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Karang Lansia Kebon Kongok Desa Suka Makmur Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat.

Klik Dibawah Ini Untuk Download Filenya :
 
Cover : Download
Abstrak : Download
BAB I Pendahuluan : Download
BAB II Tinjauan Pustaka : Download
BAB III Metodelogi Penelitian : Download
BAB IV Hasil dan Pembahasan : Download
BAB V  Penutup : Download
Daftar Pustaka : Download
Lampiran : Download 



No comments:

Popular Posts