Tuesday, 15 April 2014

PENGARUH FINGER PAINTING TERHADAP PERUBAHAN PERILAKUAGRESIF PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK PERWANIDA II KEKALIK

ABSTRAKS

S K R I P S I

PENGARUH FINGER PAINTING  TERHADAP PERUBAHAN PERILAKUAGRESIF PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK PERWANIDA II KEKALIK

Oleh

WENI SUPIANTI

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI KESEHATAN (STIKES) MATARAM

LATAR BELAKANG :
Masalah perilaku anak merupakan masalah yang cukup berat dan melelahkan bagi guru maupun orang tua. Untuk mengatasi masalah perilaku anaknyang kurang baik, orang tua dan guru dapat menggunakan dengan bermacam-macam cara. Misalnya, dengan pemberian hukuman fisik, nasehat, atau pengalihan perhatian. Finger painting merupakan teknik melukis dengan mengoleskan cat pada kertas basah menggukan tangan dengan tujuan anak dapat mengeksplorasi emosi kedalam sebuah gambar.  Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh finger painting terhadap perubahan perilaku agresif pada anak usia pra sekolah di TK Purwanida II Kekalik Mataram.

METODELOGI PENELITIAN :
Jumlah sampel yang digunakan pada penelitain ini adalah 18 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan pendekatan one group-pre test-post test desigen. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi. Responden di observasi sebelum dan setelah melakukan Finger painting, kemudian hasilnya di analisis menggunakan uji wilcoxon.

HASIL PENELITIAN :
Berdasarkan hasil dari obsevasi sebelum mealakukan finger painting pada katagori agresif ringan sebanyak 1 orang (6%), agresif sedang 10 orang (56%), agresif berat 7 orang (39%) . Sedangkan sesudah melakukan finger painting diperoleh data dengan katagori agresif ringan 6 orang (33%) agresif sedang 8 orang (44%), agresif berat 4 orang (22%). Hasil uji dengan wilcoxon menunjukkan T hitung = 16 yang kemudian di konsultasikan ke T tabel wilcoxon dengan tingkat kemaknaan 5% (jumlah responden 18 orang) didapatkan hasil 40.

KESIMPULAN :
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa finger painting berpengaruh terhadap perubahan perilaku agresif pada anak uisia pra sekolah di TK Purwanida II Kekalik Mataram.


KATA KUNCI : Finger painting . anak usia pra sekolah.


Klik Dibawah Ini Untuk Download Filenya :

Cover : Download
Lembar Pengesahan : Download
Kata Pengantar : Download
Daftar Isi : Download
Abstrak : Download
BAB I Pendahuluan : Download
BAB II Tinjauan Pustaka : Download
BAB III Metodelogi Penelitian : Download
BAB IV Hasil dan Pembahasan : Download
BAB V  Penutup : Download
Daftar Pustaka : Download
Lampiran : Download
Kerangka Konsep : Download


No comments:

Popular Posts