Tuesday, 2 September 2014

PENGARUH PENGGUNAAN AROMATERAPI TERHADAP PENGURANGAN NYERI KALA SATU FASE LATEN PADA IBU PRIMIPARA DI RSUD PRAYA

INTISARI

SKRIRPSI
PENGARUH PENGGUNAAN AROMATERAPI TERHADAP PENGURANGAN NYERI KALA SATU FASE LATEN PADA IBU PRIMIPARA DI RSUD PRAYA

MARTINA AMNI

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI KESEHATAN (STIKES)
 MATARAM
2010



PENDAHULUAN :
Akibat dari kontraksi uterus dan meregangnya jalan lahir dapat menimbulkan rasa nyeri pada ibu bersalin. Nyeri persalinan dapat merangsang pelepasan mediator kimiawi seperti prostaglandin, leukotrien, tromboksan, histamin, bradikinin, substansi P, dan serotonin, akan membangkitkan stress yang menimbulkan sekresi hormon seperti katekolamin dan steroid dengan akibat vasokonstriksi pembuluh darah sehingga kontraksi uterus melemah. Penggunaan aromaterapi merupakan salah satu terapy nonfarmakologi untuk mengurangi nyeri bersalin dengan jalan membuat pasien relaks dalam menjalani persalinan.

METODE PENELITIAN :
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimen dengan model rancangan One-Group pre-test-Posttest Design. Subyek penelitian adalah ibu bersalin dalam kondisi kala I fase laten di RSUD Praya, dengan sampel sebanyak 30 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawanncara dan lembar observasi. Uji hipotesis menggunakan t-test.

HASIL PENELITIAN :
Hasil penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh signifikan pengaruh penggunaan aromaterapi pada pengurangan nyeri kala satu fase laten pada ibu primipara,  yang dibuktikan dengan uji t, dimana t hitung = 12 > t tabel = 1,699 dengan tingkat signifikan (α) 5%.

SARAN : Rekomendasi bagi perawat bahwa metode ini bisa membantu ibu menjadi relaks dalam menjalani persalinan sehingga dapat mengurangi persepsi nyerinya, dan kepada peneliti selanjutnya agar mengetahui pengaruh teknik aromaterapi yang lain terhadap penurunan intensitas nyeri.

Kata-kata Kunci : Kala I Fase laten, Aromaterapi, Penurunan Nyeri.

COVER
ABSTRAK
     
BAB I PENDAHULUAN
     
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
     
BAB III METODE PENELITIAN
     
BAB IV HASIL PENELITIAN-PEMBAHASAN
     
BAB VII PENUTUP
     
DAFTAR PUSTAKA
     
LAMPIRAN
     


No comments:

Popular Posts