Tuesday, 8 April 2014

PENGARUH PENYULUHAN TEKNIK MANAJEMEN STRES TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA LANSIA DIPANTI SOSIAL TRESNA WERDHA PUSPAKARMA MATARAM

I N T I S A R I

Oleh : I PUTU ARISANJAYA

PENGARUH PENYULUHAN TEKNIK MANAJEMEN STRES TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA LANSIA DIPANTI SOSIAL TRESNA WERDHA PUSPAKARMA MATARAM


LATAR BELAKANG
Lanjut usia (Lansia) merupakan tahap akhir dari siklus kehidupan dimana seseorang mengalami perubahan secara biologis, psikologis, maupun sosial. Keberadaan panti untuk menampung para lansia merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah pada kelompok usia ini. Lansia yang tinggal di Panti memiliki latar belakang kehidupan dan alasan yang berbeda-beda. Latar belakang, alasan, dan kondisi yang saat ini di panti masing-masing memberikan sumbangan sebagai stresor atau sumber stres dialami para lansia panti.  Tindakan dalam mengatasi atau menurunkan stres salah satunya degan cara memberikan pemahaman pada lansia dalam mengontrol  tingkat stres dengan memberikan penyuluhan kesehatan tentang teknik manajemen stres. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan teknik manajemen stres terhadap tingkat stres pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Puspakarma Mataram.

METODE PENELITIAN : 
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pra Eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design (pra-pasca tes dalam satu kelompok). Sampel yang dipakai adalah 23 lansia yang mengalami stres mengikuti penyuluhan teknik manajemen stres. Penelitian ini dilakukan selama 14 hari. Subjek penelitian mempunyai tingkat stres dengan kategori ringan, sedang dan berat. Analisis statistik yang digunakan adalah dengan uji Paired T-Tets dengan taraf kemaknaan 5 %.

HASIL PENELITIAN
Hasil Uji Paired T-Test terhadap 23 responden didapatkan perubahan kadar gula darah yang bermakna pada lansia yang mengalami stres yaitu dengan nilai t-hitung = 4,241 dan nilai t-tabel = 2,069 dengan nilai rata-rata Pre-test = 24,04 dan nilai rata-rata Post-Test = 17,17 sehingga dapat di interprestasi bahwa (t-hitung > t-tabel) yang artinya terdapat penurunan tingkat stres yang bermakna pada lansia yang mengalami stres.

KESIMPULAN :  
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penyuluhan teknik manajemen stres berpengaruh terhadap penurunan tingkat stres pada lansia yang mengalami stres. Adapun saran dari peneliti adalah diharapkan pada lansia untuk memilih teknik manajemen stres yang tepat dalam hal mengurangi atau mengatasi tingkat stres guna untuk meningkatkan kesehatan psikologis pada lansia di panti Sosial Tresna Werdha Puspakarma Mataram.


Kata kunci :         Penyuluhan, Teknik manajemen Stres, Tingkat Stres

Klik Dibawah Ini Untuk Download Filenya : 
Cover Download
Lembar Pengesahan Download
Kata Pengantar Download
Daftar Isi Download
Daftar Tabel, Bagan dan Lampiran Download
Abstrak Download
BAB I Pendahuluan Download
BAB II Tinjauan Pustaka Download
BAB III Metodologi Penelitian Download
Definisi Operasional Download
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan Download
BAB V Penutup Download
Daftar Pustaka Download
Lampiran Download


No comments:

Popular Posts