Tuesday, 7 January 2014

HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK DI PAUD ZAENUL ISLAH DESA SEGERONGAN KECAMATAN LINGSAR



ABSTRAK
SKRIPSI

HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK DI PAUD ZAENUL ISLAH DESA SEGERONGAN KECAMATAN LINGSAR


BIKUN SUSILO

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) MATARAM 2011



LATAR BELAKANG :
Masa balita merupakan masa yang paling menentukan dalam tumbuh kembang anak, yang akan menjadi dasar utama terbentuknya manusia seutuhnya. Pada usia ini juga anak mulai berpikir kritis, selalu ingin mengetahui segala hal, bertanya tentang hal yang baru, selalu ingin bercerita tentang segala hal dan juga anak mulai belajar bersosialisasi dengan lingkungan dan orang lain. Jadi masa Balita disebut ”Saat Ideal” untuk mempelajari keterampilan motorik. Anak lebih aktif, kreatif, dan imajinatif, kemampuan berbicara dan berhubungan sosial dengan orang lain semakin meningkat sehingga pada usia ini identik dengan tahap bermain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan alat permainan edukatif dengan perkembangan motorik anak di PAUD Zaenul Islah Desa Segerongan Kecamatan Lingsar.

METODELOGI PENELITIAN :
Penelitian ini menggunakan desain deskriftif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Data diambil pada 56 anak di PAUD Zaenul Islah Desa Segerongan Kecamatan Lingsar. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan analisa data dengan menggunakan uji Chi Kuadrat.
      
HASIL PENELITIAN :
Dari hasil analisis Chi-Kuadrat (X2) menunjukkan bahwa X2-hitung = 74,198 setelah dikonsultasikan dengan X2-tabel pada taraf kepercayaan 5 % sebesar 3,481, maka diperoleh X2-hitung > X2-tabel. Oleh karena X2-hitung > X2-tabel maka hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan penggunaan alat permainan edukatif dengan perkembangan motorik anak di PAUD Zaenul Islah Desa Segerongan Kecamatan Lingsar.
      
KESIMPULAN :
Kepada para peneliti selanjutnya penulis sarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang perkembangan motorik anak agar dapat dikembangkan sesuai kebutuhan sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup anak-anak.

Kata kunci : penggunaan alat permainan edukatif, perkembangan motorik anak



Klik Dibawah Ini Untuk Download Filenya :

Cover : Download
Abstrak : Download
BAB I Pendahuluan : Download
BAB II Tinjauan Pustaka : Download
BAB III Metodelogi Penelitian : Download
BAB IV Hasil dan Pembahasan : Download
BAB V  Penutup : Download
Daftar Pustaka : Download
Lampiran : Download 
 



No comments:

Popular Posts