Saturday, 30 August 2014

PENGARUH TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN AKIBAT HOSPITALISASI PADA ANAK PRASEKOLAH DI ZAAL ANAK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) BIMA

INTISARI

KARYA TULIS ILMIAH

PENGARUH TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN AKIBAT HOSPITALISASI PADA ANAK PRASEKOLAH  DI ZAAL ANAK  RUMAH
SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) BIMA

YU’TIYAN RIZQI
NIM : P.00620209051

DEPARTEMEN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA  POLITEKNIK KESEHATAN MATARAM  PROGRAM STUDI KEPERAWATAN BIMA
2012



LATAR BELAKANG :
Kecemasan adalah suatu keadaan perasaan keprihatinan, rasa gelisah, ketidaktentuan, atau takut dari kenyataan atau persepsi ancaman sumber aktual yang tidak diketahui atau dikenal. Menurut Supartini (2004), terapi bermain merupakan terapi pada anak yang menjalani hospitalisasi. Pada saat dirawat di rumah sakit, anak mengalami berbagai perasaan tidak menyenangkan, seperti marah, takut, cemas, sedih, dan nyeri. Setiap anak yang di hospitalisasi akan menimbulkan perasaan yang tidak aman seperti lingkungan asing, berpisah dari orangtua, kurang informasi, kehilangan kebebasan dan kemandirian.  Kecemasan merupakan perasaan yang paling umum yang dialami oleh pasien anak terutama usia prasekolah (3-5 tahun ) yang dirawat di rumah sakit.

METODE PENELITIAN :
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh terapi bermain dengan terhadap tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak prasekolah. Penelitian ini dilakukan di Ruang Zaal Anak RSUD Bima yang dilakukan pada bulan Agustus  2012 . Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pra Eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design (pra-pasca tes dalam satu kelompok). Sampel yang dipakai adalah 20 orang yang sedang menjalani hospitalisasi. Analisis statistik yang digunakan adalah dengan uji T-Tets dengan taraf kemaknaan 5 %.

HASIL PENELITIAN :
Hasil Uji T-Test terhadap 20 orang didapatkan perubahan tingkat kecemasan yang bermakna pada anak usia prasekolah yang sedang menjalani hospitalisasi di Ruang Zaal Anak RSUD Bima yaitu dengan nilai p = 0,002 dan nilai ╬▒= 0,05 (0,002 < 0,05). Penelitian ini menunjukkan bahwa terapi bermain dengan teknik bercerita mempunyai pengaruh yang signifikan dalam menurunkan kecemasan anak prasekolah di Ruang  Zaal Anak RSUD Bima.

KESIMPULAN :
Rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah ditujukan kepada perawat anak agar dapat menerapkan terapi bermain yang berpengaruh dalam menurunkan kecemasan pada anak prasekolah.

Kata kunci : Terapi bermain, Tingkat kecemasan dan usia prasekolah


COVER
      
ABSTRAK
      
BAB I PENDAHULUAN
      
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
      
BAB III METODE PENELITIAN
      
BAB IV HASIL PENELITIAN-PEMBAHASAN
      
BAB VII PENUTUP
      
DAFTAR PUSTAKA
      
LAMPIRAN
 


No comments:

Popular Posts