Tuesday, 8 April 2014

PERBEDAAN PERILAKU CUCI TANGAN ANTARA ANAK SD PERKOTAAN DENGAN ANAK SD PEDESAAN

ABSTRAK

PERBEDAAN PERILAKU CUCI TANGAN ANTARA ANAK SD PERKOTAAN DENGAN ANAK SD PEDESAAN

FINA FADILA MAYASARI

FAKULTAS KEDOKTERAN

PENDAHULUAN : Cuci tangan pakai sabun merupakan perilaku sehat yang telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyakit menular seperti diare, infeksi saluran pernafasan atas DAB flu burung. Perilaku cuci tangan pakai sabun yang tidak benar masih tinggi ditemukan pada anak usia 10 tahun kebawah. Karena anak usia tersebut sangat rentan terhadap penyakit. Maka dibutuhkan kesadaran bahwa pentingnya perilaku cuci tangan pakai sabun diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada tanggal 15 Oktober 2009 melanjutkan kesuksesan perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia tahun sebelumnya, praktik cuci tangan pakai sabun meningkat di lingkungan sekolah. Penelitan ini bertujuan untuk melihat perbedaan perilaku cuci tangan antara anak SD perkotaan dengan anak SD pedesaan.

METODE: Penelitian ini bersifat analitik dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian ini diambil dengan cara simple random sampling dengan jumlah sampel 358 orang untuk masing-masing sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan kuesioner secara terpimpin kepada siswa siswi SD Negeri 064975 (perkotaan) dan SD Negeri 067264 (pedesaan). Lalu data dianalisa dengan menggunakan T Independent test dan hasil dikatakan bermakna jika nilai p ≤ 0,05.

HASIL: Dari jumlah sampel penelitian 358 orang untuk masing-masing sekolah diperoleh bahwa nilai rata-rata tingkat pengetahuan untuk SD perkotaan (10,90)
dan SD pedesaan (6,34). Nilai rata-rata tingkat perilaku untuk SD perkotaan
(12,58) dan SD pedesaan (7,28) (p=0,001)

KESIMPULAN: Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan dan perilaku cuci tangan antara anak SD perkotaan dengan anak SD pedesaan. dimana tingkat pengetahuan
dan perilaku cuci tangan pada anak SD perkotaan lebih baik dari anak SD pedesaan.

KATA KUNCI: tingkat perilaku, cuci tangan, perkotaan, pedesaan


Download File Lengkapnya dibawah ini : 
Cover Download
Abstrak Download
BAB I Pendahuluan Download
BAB II Tinjauan Pustaka Download
BAB III dan IV Metodologi Penelitian dan Hasil Download
Daftar Pustaka Download



No comments:

Popular Posts