EBOOK'S YUFLIHUL KHAIR. MEDIA INFORMASI SEPUTAR KESEHATAN KHUSUSNYA KEPERAWATAN
Selamat Datang di Ebook's Yuflihul Khair. Blog Ini Berisi Tentang Materi Seputar Kesehatan Khususnya Keperawatan. Bagi Anda Yang Tertarik Dengan Isi Blog Silahkan Anda Bisa Langsung Download Filenya di Blog Ini. Penulis Ns. Yuflihul Khair, S.Kep. Alamat Email : yuflihul@gmail.com

Tuesday, 8 April 2014

INTISARI

Oleh : NOVANI ERLIANA

PENGARUH LATIHAN GERAK PINGGUL (STRETCHING) TERHADAP PERUBAHAN INTENSITAS NYERI PINGGANG BAWAH PADA  LANSIA DI DUSUN KETEJER DESA SUKA MAKMUR  KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT

LATAR BELAKANG :
Nyeri pinggang adalah penyakit neurologis kedua paling umum setelah sakit kepala. Nyeri pinggang sebagai salah satu wujud nyeri tulang belakang merupakan keluhan banyak dari kasus rematik. Bahkan, kebanyakan lansia kehilangan waktu kerjanya karena penyakit ini. Stretching adalah intervensi non farmakologi yang dapat mengurangi tekanan otot dan kegelisahan, dan juga mengurangi laju pernapasan dan tekanan darah.

METODE PENELITIAN :
Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental dengan rancangan penelitian “pre test–post test with control design”. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi intensitas nyeri sebelum dan sesudah latihan gerak pinggul (stretching) dengan sampel berjumlah 30 orang yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok perlakuan dan dianalisa menggunakan rumus uji Independet T-Test.

HASIL PENELITIAN :
Berdasarkan hasil penelitian pada kelompok perlakuan responden dengan nyeri sedang berjumlah  responden 4 orang (26,67%) dan nyeri berat terkontrol 11 orang (73,33%) sedangkan pada kelompok kontrol dengan nyeri sedang 3 orang (20%) dan nyeri berat terkontrol 12 orang (80%). Setelah diberikan latihan gerak pinggul (stretching) terjadi perubahan intensitas nyeri secara signifikan pada kelompok perlakuan Hasil uji Independent T-Test dengan nilai p Value sebesar 0,001 dengan derajat signifikan 5% maka terdapat pengaruh yang signifikan latihan gerak pinggul (Stretching) dengan intensitas nyeri pinggang bawah pada lansia.

KESIMPULAN : Dapat disimpulkan pada penelitian diatas latihan gerak pinggul (Stretching) berpengaruh terhadap perubahan nyeri pinggang pada pasien nyeri di Di Dusun Ketejer Desa Suka Makmur Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat.

Kata Kunci : latihan Gerak Pinggul (Stretching) dan Nyeri Pinggang bawah 

Klik Dibawah Ini Untuk Download Filenya : 
Cover Download
Lembar Pengesahan Download
Kata Pengantar Download
Daftar Isi Download
Abstrak Download
BAB I Pendahuluan Download
BAB II Tinjauan Pustaka Download
BAB III Metodologi Penelitian Download
BAB V Penutup Download
Daftar Pustaka Download
Lampiran Download


Reaksi:

0 komentar:

RANDOM POSTING

CARA DOWNLOAD FILE

1. Klik link dowloadnya (Klik Disini)
2. Setelah itu kita akan dibawa ke situs
"Adf.ly"
3. Tunggu 5 Detik pada pojok kanan atas
4. Kemudian klik tombol "Lewati" atau
"Skip Ad"
5. Selesai

Total Tayangan Halaman

PENULIS

Copyright © 2013. YUFLIHUL KHAIR & RATIH KURNIATI - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Followers

Featured post

HALAMAN UTAMA

SELAMAT DATANG  EBOOK'S YUFLIHUL KHAIR Selamat EBOOK'S YUFLIHUL KHAIR, saya sangat senang anda dis...

ARSIP POSTING

ARTIKEL TERKINI

Google+ Followers

POSTING TERPOPULER

DAFTAR ARTIKEL