EBOOK'S YUFLIHUL KHAIR. MEDIA INFORMASI SEPUTAR KESEHATAN KHUSUSNYA KEPERAWATAN
Selamat Datang di Ebook's Yuflihul Khair. Blog Ini Berisi Tentang Materi Seputar Kesehatan Khususnya Keperawatan. Bagi Anda Yang Tertarik Dengan Isi Blog Silahkan Anda Bisa Langsung Download Filenya di Blog Ini. Penulis Ns. Yuflihul Khair, S.Kep. Alamat Email : yuflihul@gmail.com

Thursday, 10 April 2014



INTISARI

Oleh : A B D U R R A H M A N

GAMBARAN  KEBIASAAN MENCUCI TANGAN BERSIH PADA ANAK USIA SEKOLAH YANG PERNAH MENGALAMI KEJADIAN DEMAM TYPHOID  DI  WILAYAH   KERJA   PUSKESMAS   PALIBELO  KECAMATAN PALIBELO KABUPATEN BIMA

LATAR BELAKANG :
Cuci tangan sangat penting dalam upaya pencegahan terjadinya demam typhoid, karena tangan merupakan sumber penularan utama yang paling efisien untuk penularan bakteri yang menyebabkan demam typhoid. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti bahwa perilaku mencuci tangan pada anak usia sekolah yang pernah menderita demam typhoid masih sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku cuci tangan bersih pada anak usia sekolah yang pernah mengalami demam typhoid di Wilayah Kerja Puskesmas Palibelo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat.

METODELOGI PENELITIAN :
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan survei. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini anak usia sekolah yang pernah mengalami demam typhoid di Wilayah Kerja Puskesmas Palibelo Kabupaten Bima yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sebesar 46 orang. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabelnya adalah perilaku mencuci tangan bersih pada anak usia sekolah yang pernah menderita demam typhoid. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemudian data dianalisis dengan distribusi frekuensi dalam bentuk persentase.

HASIL PENELITIAN :
Hasil penelitian dari 46 orang responden penelitian perilaku menunjukkan bahwa cuci tangan bersih pada anak usia sekolah yang pernah mengalami demam typhoid di dapatkan hampir sebagian memiliki perilaku cuci tangan bersih kategori kurang sebanyak 27 orang (58,70%), perilaku cuci tangan bersih kategori cukup sebanyak 11 orang (23,91%)dan cuci tangan dengan memiliki perilaku baik sebanyak 8 (17,39%).

KESIMPULAN :
Kesimpulan dari penelitian ini adalah anak usia sekolah yang mengalami demam typhoid hampir sebagian memiliki perilaku kurang dalam cuci tangan bersih sebelum makan dan sesudah buang air besar. Untuk itu diharapkan kepada semua orang tua agar membudayakan perilaku cuci tangan sehingga anak usia sekolah yang pernah mengalami demam typhoid terbiasa dengan perilaku cuci tangan bersih tujuh langkah untuk menjaga diri dan mencegah kekambuhan penyakit typhoid pada anak usia sekolah.

Kata Kunci : Demam Typhoid, Cuci Tangan, Perilaku  

Klik Dibawah Ini Untuk Download Filenya :

Cover : Download
Lembar Pengesahan : Download
Kata Pengantar : Download
Daftar Isi : Download 
Abstrak : Download
BAB I Pendahuluan : Download
BAB II Tinjauan Pustaka : Download
BAB III Metodelogi Penelitian : Download
BAB IV Hasil dan Pembahasan : Download
BAB V  Penutup : Download
Daftar Pustaka : Download
Lampiran : Download
Reaksi:

0 komentar:

RANDOM POSTING

CARA DOWNLOAD FILE

1. Klik link dowloadnya (Klik Disini)
2. Setelah itu kita akan dibawa ke situs
"Adf.ly"
3. Tunggu 5 Detik pada pojok kanan atas
4. Kemudian klik tombol "Lewati" atau
"Skip Ad"
5. Selesai

Total Tayangan Halaman

PENULIS

Copyright © 2013. YUFLIHUL KHAIR & RATIH KURNIATI - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Followers

Featured post

HALAMAN UTAMA

SELAMAT DATANG  EBOOK'S YUFLIHUL KHAIR Selamat EBOOK'S YUFLIHUL KHAIR, saya sangat senang anda dis...

ARSIP POSTING

ARTIKEL TERKINI

Google+ Followers

POSTING TERPOPULER

DAFTAR ARTIKEL