-->

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL PADA PASIEN SKIZOFRENIA PASCA PERAWATAN DI RUMAH SAKIT

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL PADA PASIEN SKIZOFRENIA PASCA PERAWATAN DI RUMAH SAKIT
RINGKASAN

Prinda Kartika Mayang Ambari
FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG MARET




LATAR BELAKANG :
Peningkatan angka relapse pada pasien Skizofrenia pasca perawatan dapat mencapai 25% - 50% yang pada akhirnya dapat menyebabkan keberfungsian sosialnya menjadi terganggu. Peranan keluarga diperlukan untuk menekan sekecil mungkin angka relapse dan mengembalikan keberfungsian sosialnya. Keluarga dapat mewujudkannya dengan memberi bantuan berupa dukungan emosional, materi, nasehat, informasi, dan penilaian positif yang sering disebut dengan dukungan keluarga. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa salah satu factor yang dapat meningkatkan keberfungsian sosial pasien Skizofrenia pasca perawatan rumah sakit adalah dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan keberfungsian sosial pada pasien Skizofrenia pasca perawatan di rumah sakit.

METODE PENELITIAN :
Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini berupa skala, yaitu Skala Dukungan Keluarga dan Skala Keberfungsian Sosial. Skala diujicobakan pada 30 subyek. Skala Dukungan Keluarga terdiri dari 14 aitem valid dan Skala Keberfungsian Sosial terdiri dari 15 aitem valid. Sampel penelitian yang digunakan adalah 30 pasien pasca perawatan RSJ Menur Surabaya. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi sederhana.

HASIL PENELITIAN :
Dari analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,836 dengan p = 0,00 (p<0,05). Angka tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara variabel dukungan keluarga dengan keberfungsian sosial. Sumbangan efektif dukungan keluarga terhadap keberfungsian sosial pada pasien Skizofrenia pasca perawatan di rumah sakit sebesar 69,9 % dan faktor-faktor lain memberi pengaruh sebesar 30,1 %.

Kata Kunci : Dukungan Keluarga, Keberfungsian Sosial, Pasien Skizofrenia
Pasca Perawatan.


 KLIK DOWNLOAD DIBAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN 
FILE LENGKAP DALAM BENTUK PDF
 
0 Comments for "HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL PADA PASIEN SKIZOFRENIA PASCA PERAWATAN DI RUMAH SAKIT"
Back To Top