Saturday, 30 August 2014

EFEKTIFITAS TEHNIK MASASE PUNGGUNG TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH KELAYAN HIPERTENSI DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA “PUSPAKARMA” MATARAM

INTISARI
SKRIPSI

EFEKTIFITAS TEHNIK MASASE PUNGGUNG TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH KELAYAN  HIPERTENSI DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA “PUSPAKARMA” MATARAM


I KETUT SUASTANA
06.01.0365

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN     
SEKOLAH TINGGI KESEHATAN MATARAM
2010


LATAR BELAKANG :
Tingginya angka kejadian hipertensi pada lanjut usia, tentunya menjadi sangat penting dan harus mendapat perhatian dari semua pihak mengingat akibat yang dapat ditimbulkannya. Penanganan yang bersifat farmakologi maupun nonfarmakologi sangat dibutuhkan untuk mengurangi prevalensi penyakit ini. Penanganan secara nonfarmakologi berupa masase punggung dengan usapan perlahan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk menurunkan tekanan darah penderita hipertensi usia lanjut. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas teknik masase punggung untuk menurunkan tekanan darah kelayan hipertensi di Panti Sosial Tresna Werdha “Puspakarma” Mataram.

METODE PENELITIAN :
Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen: Time Seris Design dengan pendekatan One Group Pra Test-Post test Design. Sampel yang digunakan adalah lansia hipertensi yang tinggal di Panti Sosial Tresna Werdha “Puspakarma” Mataram, sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang ditetapkan yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan teknik wawancara. Data dianalisa dengan uji statistik t-test.

HASIL PENELITIAN :
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebelum pelaksanaan masase punggung dengan uspan perlahan tekanan darah responden sebagian besar (50%) masuk dalam kategori hipertensi sedang dan setelah pelaksanaan masase berada pada kategori normal tinggi (33,3%), hipertensi ringan (33,3%), dan Hipertensi Sedang (33,3%). Hasil analisa data dengan t-test yaitu t-hitung sebesar 8,347 yang dikonsultasikan ke t-tabel dengan tingkat kemaknaan 0,05 dan d.b = 11 didapatkan hasil sebesar 1,796.

KESIMPULAN :
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa efektifitas teknik masase punggung dengan usapan perlahan dapat menurunkan tekanan darah kelayan hipertensi di Panti Sosial Tresna Werdha “Puspakarma” Mataram.

Kata Kunci: Lansia, Masase punggung, Hipertensi.

COVER
ABSTRAK
     
BAB I PENDAHULUAN
     
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
     
BAB III METODE PENELITIAN
     
BAB IV HASIL PENELITIAN-PEMBAHASAN
     
BAB VII PENUTUP
     
DAFTAR PUSTAKA
     
LAMPIRAN
     




No comments:

Popular Posts