Monday, 2 June 2014

TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DI PUSKESMAS GAMBIRSARI SURAKARTA

TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DI PUSKESMAS GAMBIRSARI SURAKARTA

KARYA TULIS ILMIAH


FR. Dina Sulistyowati



ABSTRAK

LATAR BELAKANG :
Berdasarkan SDKI survei terakhir tahun 2007 AKI Indonesia sebesar 228 per 100.000 kelahiran hidup. Penyebab terjadinya AKI terbesar di Indonesia adalah pendarahan, infeksi dan eklampsi. Anemia dan Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada ibu hamil menjadi penyebab utama terjadinya pendarahan dan infeksi yang merupakan faktor kematian utama ibu di Indonesia.  Berdasarkan survei pendahuluan yang dilakukan peneliti di Puskesmas Gambirsari Surakarta yang dilakukan terhadap 10 ibu hamil, didapatkan hasil bahwa pengetahuan ibu hamil tentang anemia masih kurang.

TUJUAN :
Mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil tentang anemia di Puskesmas Gambirsari Surakarta berdasarkan karakteristik umur, pendidikan, dan pekerjaan, serta dalam tingkat baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik.

METODE PENELITIAN :
Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 126 Juni 2012. Populasi sebanyak 531 ibu hamil dan sampel 31 ibu hamil. Pengambilan sampel dengan accidental sampling. Instrumen penelitian dengan kuesioner. Variabel tunggal yaitu pengetahuan ibu hamil tentang anemia. Analisa data dengan analisa univariat.

HASIL PENELITIAN :
Hasil penelitian menunjukkan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil tentang Anemia di Puskesmas Gambirsari Surakarta pada kategori baik sebanyak 2 responden (6,45%), kategori cukup sebanyak 19 responden (61,29%), kategori kurang sebanyak 4 responden (12,90%), kategori tidak baik sebanyak 6 responden (19,36%).

KESIMPULAN :
Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil tentang Anemia di Puskesmas Gambirsari  Surakarta yaitu pada kategori cukup sebanyak 19 responden (61,29%).

Kata Kunci : Pengetahuan, Ibu hamil, Anemia.
Kepustakaan : 20 literature (Tahun 2002 s/d 2011).

 KLIK DOWNLOAD DIBAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN 
FILE LENGKAP DALAM BENTUK PDF





No comments:

Popular Posts