Wednesday, 11 June 2014

HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI KECAMATAN BELAWA KABUPATEN WAJO TAHUN 2012

HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI KECAMATAN BELAWA KABUPATEN WAJO
TAHUN 2012

Hamzah B1, Arsunan Arsin2, Jumriani Ansar2
1Alumni Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, UNHAS, Makassar
2Bagian Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat, UNHAS, Makassar


ABSTRAK

LATAR BELAKANG :
Penyakit diare sampai saat ini masih merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat utama. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (2007) diare merupakan penyebab utama kematian pada bayi (31,4%) dan anak balita (25,2%). Sekitar 162.000 balita meninggal akibat diare setiap tahun atau sekitar 460 balita per hari, sedangkan dari hasil SKRT dalam Depkes RI (2011) diare merupakan penyebab kematian nomor dua pada balita, nomor tiga bagi pada bayi, dan nomor lima bagi semua umur. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan perilaku hidup bersih dan sehat dengan kejadian diare di Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo tahun 2012.

METODE PENELITIAN :
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional study dengan menggunakan metode simple random sampling, besar sampel adalah 136 balita. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square, dengan α 0,05.

HASIL PENELITIAN :
Hasil penelitian dengan uji Chi Square pada 5 variabel menunjukkan bahwa ada hubungan antara penggunaan air bersih (p=0,017), kebiasaan ibu mencuci tangan dengan air bersih dan sabun (p=0,009), penggunaan jamban (p=0,000), pengelolaan sampah (p=0,001), dan pengelolaan air limbah (p=0,000) dengan kejadian diare pada balita.

KESIMPULAN :
Disarankan kepada instansi kesehatan dalam hal ini Puskesmas Belawa dan Puskesmas Sappa untuk melakukan program penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), bagi masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin terhadap kejadian diare pada balita dan kepada peneliti selanjutnya untuk lebih lanjut meneliti mengenai permasalahan yang sama, namun dengan variabel yang berbeda dalam hubungannya tentang kejadian diare pada balita seperti status gizi.


Kata Kunci : PHBS, Diare, Balita

KLIK DOWNLOAD DIBAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN 
FILE LENGKAP DALAM BENTUK PDF
 


No comments:

Popular Posts