Thursday, 12 June 2014

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA REGULER SEMESTER IV DIV KEBIDANAN UNS



HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI
BELAJAR MAHASISWA REGULER SEMESTER IV
DIV KEBIDANAN UNS






ABSTRAK

Istiqomah Risa Wahyuningsih1, Mochammad Arief.Tq2, M.Nur Dewi3

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa reguler semester IV DIV Kebidanan UNS.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional (non experimental) dengan rancangan penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara total sampling dengan sampel mahasiswa reguler semester IV DIV Kebidanan UNS. Pengukuran kebiasaan belajar didapatkan dengan menggunakan kuesioner sedangkan prestasi belajar didapatkan dari hasil IPK semester III yang tercantum dalam KHS.Pengolahan datanya menggunakan sistem komputerisasi SPSS seri 15 dengan menggunakan teknik analisa korelasi Product Moment.

Hasil analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis Product Moment diperoleh nilai r hitung sebesar 0,649 (0,649>0,254) dan p = 0,000 (p<0,05) sehingga menunjukkan bahwa ada hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa reguler semester IV DIV Kebidanan UNS.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa reguler semester IV DIV Kebidanan UNS. Hasil analisis tersebut menunjukkan nilai koefisien korelasi yang diperoleh bertanda positif, berarti ada hubungan positif antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar. Artinya semakin baik kebiasaan belajar mahasiswa akan semakin baik nilai prestasi belajarnya.

Kata kunci : Kebiasaan belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa


KLIK DOWNLOAD DIBAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN 
FILE LENGKAP DALAM BENTUK PDF
 



No comments:

Popular Posts