-->

HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PASIEN NYERI DADA KARDIAK ISKEMIK DENGAN INTERVAL WAKTU ANTARA TERJADINYA NYERI DADA SAMPAI TIBA DI RUMAH SAKIT DI RSUD Dr. SAIFUL ANWAR MALANG

HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PASIEN NYERI DADA KARDIAK ISKEMIK DENGAN INTERVAL WAKTU ANTARA TERJADINYA NYERI DADA SAMPAI TIBA DI RUMAH SAKIT DI RSUD Dr. SAIFUL ANWAR MALANG

Rahmawatus Sholikhaningayu*, M. Saifur Rohman**, Suryanto*



ABSTRAK
LATAR BELAKANG :
Proporsi terbesar dari keterlambatan prehospital adalah interval antara terjadinya nyeri dada saat pengambilan keputusaan dalam pencarian pengobatan. Keterlambatan dalam pengambilan keputusan pasien nyeri dada dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Belum terdapat data di Indonesia mengenai keterlambatan prehospital. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi penyebab keterlambatan pasien nyeri dada yang datang ke Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

METODE PENELITIAN :
Penelitian ini menggunakan consecutive sampling 63 pasien nyeri dada kardiak iskemik (58.81 +11.962 tahun, 68.3% pria). Waktu keterlambatan adalah interval saat terjadinya nyeri dada sampai tiba di rumah sakit. kriteria eksklusi dari penelitian ini adalah pasien yang tidak ingat dirasakannya nyeri dada.

HASIL PENELITIAN :
Mean dari onset adalah 469.365 + 531.069 menit. Hanya 28.6% pasien yang segera datang ke Departemen Emergency ketika merasakan nyeri dada dan 28.6% pasien yang mempersepsikan nyeri dada yang dialami adalah nyeri dada kardiak iskemik. terdapat hubungan yang signifikan antara usia, respon pasien pertama kali dan persepsi pasien saat muncul tanda dan gejala penyakit jantung iskemik. tidak terdapat hubungan yang signifikan antara jenis kelamin, pendidikan, status pernikahan, pekerjaan, dan pengetahuan tanda dan gejala. Keterbatasan dari penelitian ini adalah waktu yang diperlukan untuk melakukan penelitian relative singkat sehingga jumlah sampel mempengaruhi signifikansi dalam analisa data.

KESIMPULAN :
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara usia, respon pasien, dan persepsi pasien saat muncul tanda dan gejala terhadap keterlambatan waktu datang ke rumah sakit.


Kata kunci: Nyeri dada, keterlambatan waktu datang, departemen emergency

KLIK DOWNLOAD DIBAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN 
FILE LENGKAP DALAM BENTUK PDF
 
0 Comments for "HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PASIEN NYERI DADA KARDIAK ISKEMIK DENGAN INTERVAL WAKTU ANTARA TERJADINYA NYERI DADA SAMPAI TIBA DI RUMAH SAKIT DI RSUD Dr. SAIFUL ANWAR MALANG"
Back To Top