Monday, 2 June 2014

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN IKTERUS PADA BAYI BARU LAHIR DI RUANG PERINA RUMAH SAKIT PRIKASIH DAN RSUD DEPOK

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN IKTERUS PADA BAYI BARU LAHIR DI RUANG PERINA RUMAH SAKIT PRIKASIH DAN RSUD DEPOK

NENENG KHAIRUNNISAH

FAKULTAS ILMU ILMU KESEHATAN
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN



ABSTRAK
LATAR BELAKANG :
Ikterus terjadi apabila terdapat akumulasi bilirubin dalam darah. Pada sebagian neonates, ikterus akan ditemukan dalam minggu pertama kehidupannya. Ikterus ini pada sebagian penderita dapat bersifat fisiologis dan sebagian lagi mungkin bersifat patologis yang dapat menimbulkan gangguan yang menetap/menyebabkan kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang berhubungan dengan kejadian ikterus pada bayi baru lahir di Ruang Perina Rumah Sakit Prikasih Jakarta dan RSUD Depok.

METODE PENELITIAN :
Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian observasional deskriptif dan analitik dengan desain Cross Sectional. Populasi penelitian adalah seluruh bayi baru lahir yang dirawat di Ruang Perina RS. Prikasih Jakarta dan RSUD Depok, pengambilan sampel dengan cara non probability sampling yaitu sampling jenuh atau semua anggota populasi digunakan sebagai sampel hal dikarenakan jumlah populasi hanya 30 orang, yang terdiri dari 15 orang dari RS Prikasih Jakarta dan 15 orang RSUD Depok.

HASIL PENELITIAN :
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara faktor asfiksia dengan kejadian ikterus (p value = 0,030 odd ratio = 1,429), variable lain yang memiliki hubungan adalah factor berat badan lahir dengan kejadian ikterus (p value = 0,021 odd ratio = 1,500) dan sebagian besar bayi responden di Ruang Perina RS Prikasih dan RSUD Depok menderita ikterus (90%) diharapkan dengan penelitian ini sebagai bahan masukan untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada para ibu dan bayi yang terindikasi memiliki faktor yang mempengaruhi kejadian ikterus.


Kata Kunci: Faktor-faktor ikterus, kejadian ikterus




FILE
KLIK  DOWNLOAD
DIBAWAH INI
COVER
ABSTRAK
BAB I PENDAHULUAN
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
BAB III METODE PENELITIAN 
BAB IV HASIL PENELITIAN  
DAFTAR PUSTAKA 




No comments:

Popular Posts