Tuesday, 20 May 2014

PENGARUH KOMPRES HANGAT REBUSAN JAHE TERHADAP TINGKAT NYERI SUBAKUT DAN KRONIS PADA LANJUT USIA DENGAN OSTEOARTHTRITIS LUTUT DI PUSKESMAS ARJUNA KECAMATAN KLOJEN MALANG JAWA TIMUR

PENGARUH KOMPRES HANGAT REBUSAN JAHE TERHADAP TINGKAT NYERI SUBAKUT DAN KRONIS PADA LANJUT USIA DENGAN OSTEOARTHTRITIS LUTUT DI PUSKESMAS ARJUNA KECAMATAN KLOJEN MALANG JAWA TIMUR 

Hadi Masyhurrosyidi, Kumboyono, Yulian Wiji Utami



ABSTRAK
Masyhurrosyidi, Hadi. 2013. Pengaruh Kompres Hangat Rebusan Jahe terhadap Tingkat Nyeri Subakut dan Kronis Pada Lanjut Usia dengan Osteoarthtritis Lutut di Puskesmas Arjuna Kecamatan Klojen Malang Jawa Timur. Tugas Akhir, Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Pembimbing: (I) Ns. Kumboyono, SKp., M.Kep., Sp.Kom. (2) Yulian Wiji Utami, SKp., M.Kes.

LATAR BELAKANG :
Osteoarthritis lutut merupakan gangguan pada sistem muskuluskeletal yang ditandai dengan munculnya nyeri sendi dan kekakuan yang mengakibatkan penurunan kemampuan fisiologis atau kualitas hidup lansia. Prevalensi Osteoarthritis lutut menurut WHO, (2004) mencapai 151,4 juta jiwa dan 27,4 juta jiwa  berada di Asia Tenggara. Sedangkan di Indonesia mencapai 5% pada usia <40 tahun, 30% pada usia 40-60 tahun, dan 65% pada usia >61 tahun. Responden di Puskesmas Arjuna kecamatan Klojen Malang Jawa Timur dengan kasus Osteoarthritis Lutut yang mengeluh nyeri sejumlah 20 orang, untuk menurunkan angka ini diperlukan keperawatan
lanjut usia dan keluarga untuk meningkatkan kualitas hidup.

TUJUAN :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat nyeri subakut dan kronis sebelum dan sesudah kompres hangat rebusan jahe pada lansia dengan Osteoarthritis Lutut di  Posyandu Lanjut Usia Puskesmas Arjuna Kecamatan Klojen Malang Jawa Timur.

METODE :
Penelitian ini menggunakan desain Quasy Eksperiment. Populasi penelitian adalah  semua lanjut usia dengan osteoarthritis lutut yang mengikui posyandu lanjut usia Puskesmas Arjuna Kecamatan Klojen Malang Jawa Timur yang berjumlah 20 orang yang  diambil secara total sampling, memakai uji statistic Paired Mean Dependent (Uji T - Test) dengan tingkat signifikansi 0,05.

HASIL : Secara keseluruhan ada hubungan yang bermakna antara tingkat skala nyeri sebelum dan setelah pemberian kompres hangat rebusan jahe dengan p-value 0.000. Pada data pre dan post treatment di dapatkan penurunan skala nyeri dari berat ke sedang, dari skala sedang ke rendah dan tidak mengalami skala nyeri dari rendah ke sedang atau tinggi.

KESIMPULAN : Ada perbedaan signifikant tingkat nyeri sebelum dan setelah pemberian kompres hangat rebusan jahe pada lanjut usia dengan osteoarthritis lutut.


Kata kunci : Kompres Hangat, Jahe, Nyeri, Lanjut Usia, Osteoarthritis Lutut


Klik Tombol Download Dibawah Ini Untuk Mendownload Filenya :

  


No comments:

Popular Posts