Friday, 23 May 2014

HUBUNGAN STATUS PEKERJAAN IBU DENGAN PEMBERIAN AIR SUSU IBU (ASI) EKSKLUSIF PADA BAYI SAAT USIA 0-6 BULAN DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI KOTA SEMARANG

Dinamika Kebidanan                                                          vol. 2 no.2 Agustus2012

HUBUNGAN STATUS PEKERJAAN IBU DENGAN PEMBERIAN AIR SUSU IBU
(ASI) EKSKLUSIF PADA BAYI SAAT USIA 0-6 BULAN DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI KOTA SEMARANG

Tatik Indrawati
Erny Rolys Aenti*)

*)Akademi Kebidanan Abdi Husada Semarang

Korespondensi: tatikindrawati@ymail.com

ABSTRAK

LATAR BELAKANG :
ASI eksklusif adalah pemberian hanya ASI saja tanpa cairan atau makanan padat apapun kecuali vitamin, mineral atau obat dalam bentuk tetes atau sirup sampai usia 6 bulan. Sangat disayangkan kebiasaan pemberian ASI eksklusif di Indonesia terutama di Jawa Tengah mengalami penurunan dimana pemberian ASI eksklusif hanya 37,44% dan kota Semarang hanya 20,06%.

METODE PENELITIAN :
Penelitian ini termasuk kompetensi bidan dalam memberikan asuhan kebidanan yang bermutu tinggi, komprehensif pada bayi baru lahir dan anak balita sehat dengan menggunakan rancangan cross sectional dan termasuk jenis penelitian historis.Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai bayi usia 7- 12 bulan pada bulan Januari 2012 di BPM Kota Semarang yang berjumlah 65 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer. Data diolah dengan langkah editing, scoring,coding, entry, tabulating dan analisis data. Pada analisis secara univariat variabel didistribusikan dengan masing-masing proporsi, sedangkan analisis secara bivariat digunakan uji fisher axact test.

HASIL PENELITIAN :
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden tidak memberikan ASI eksklusif pada bayinya yaitu sebanyak 27 (67,5%) responden dibandingkan yang memberikan ASI eksklusif sebanyak 13(32,5%). Sebagian besar responden bekerja yaitu sebanyak 28(70%) responden dibandingkan yang tidak bekerja sebanyak 12 (30%) responden. 

KESIMPULAN  :
Hubungan antara status pekerjaan ibu dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan secara statistik bermakna, dengan p value sebesar 0,000. Saran yang dapat diberikan kepada ibu menyusui baik yang bekerja maupun yang tidak bekerja hendaknya memberikan ASI eksklusif kepada bayinya mengingat begitu pentingnya pemberian ASI eksklusif.


Kata Kunci : status pekerjaan ibu, pemberian ASI eksklusif

Klik Tombol Download Dibawah Ini Untuk 
Mendownload Filenya :


No comments:

Popular Posts