Saturday, 5 April 2014

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI POLI KANDUNGAN PUSKESMAS ASAKOTA KOTA BIMA

INTISARI

LATAR BELAKANGA : Anemia kekurangan zat besi pada ibu hamil merupakan salah satu faktor resiko tinggi yang memerlukan perhatian khusus pada kehamilan terutama pada trimester kedua dan ketiga kebutuhan zat besi meningkat kurang lebih tiga kali dibandingkan sebelum hamil. Ibu hamil dalam mengkonsumsi zat besi selama kehamilan memerlukan suatu pengetahuan yang akan menimbulkan kesadaran  dari Ibu hamil itu sendiri dan juga sikap dan perilaku yang mendukung. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil dengan kadar kejadian anemia di Poli kandungan Puskesmas Asakota Kota Bima.

METODE PENELITI : Sampel yang diambil adalah accidental sampling sebanyak  38 ibu hamil. Data yang dikumpulkan adalah data primer yaitu data pengetahuan, sikap tentang anemia yang diambil melalui kuesioner, data kejadian anemia ibu hamil melalui dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Rank Spearman untuk mengetahui hubungan antara variabel dependen dan variabel independen.

HASIL PENELITIAN : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu hamil tentang anemia sebagian besar dengan kategori kurang sebanyak 18 orang (50%). Sikap ibu hamil tentang anemia sebagian besar bersikap negatif sebanyak 23 orang (63,16%). Kejadian anemia pada ibu hamil sebagian besar mengalami anemia 21 orang (55,26%) (Kadar Hb < 11 gr%). Uji statistik Korelasi Spearman Rank didapatkan hasil yaitu p-Value = 0.001 (<0.05) ada hubungan antara pengetahuan tentang anemia dengan kejadian anemia. Hubungan antara sikap dan kejadian anemia, dilakukan uji statistik Korelasi Spearman rank didapatkan hasil yaitu p-Value= 0,002 (<0.05) Ada hubungan antara sikap dengan kejadian anemia.

KESIMPULAN : Untuk meningkatkan sikap ibu hamil dan untuk mengurangi prevalensi anemia pada ibu hamil, perlu diintensifkan program suplemen Fe dan penyuluhan tentang anemia dan konsumsi bahan makanan sumber zat besi yang dilakukan oleh petugas Puskesmas atau petugas kesehatan melalui kegiatan Puskesmas, kegiatan posyandu.

Kata Kunci : Anemia, Tingkat Pengetahuan dan Sikap


Klik Dibawah Ini Untuk Download File :
Cover Download
Lembar Pengesahan Download
Kata Pengantar Download
Abstrak Download  
Daftar Isi Download
BAB I Pendahuluan Download
BAB II Tinjauan Pustaka Download
BAB III Metode Penelitian Download
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan Download
BAB V Kesimpulan Dan Saran Download
Daftar Pustaka Download
Lampiran Download
Lembar Konsul Download
Master Data Download



No comments:

Popular Posts