Tuesday, 7 January 2014

HUBUNGAN PEMERIKSAAN ANTENATAL DENGAN TINGKAT KECEMASAN PRIMIGRAVIDA DI PUSKESMAS TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT

INTISARI

SKRIPSI

HUBUNGAN PEMERIKSAAN ANTENATAL DENGAN TINGKAT KECEMASAN PRIMIGRAVIDA DI PUSKESMAS TALIWANG
KABUPATEN SUMBAWA BARAT

OLeh : I R A D A T U L L A H

LATAR BELAKANG :
Pemeriksaan antenatal (antenatal care) merupakan cara yang paling penting dalam upaya menurunkan tingkat kecemasan primigravida. Di Puskesmas Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat masih banyak primigravida yang mengalami kecemasan, pada studi pendahuluan peneliti melakukan wawancara pada 20 primigravida dan dari jumlah tersebut terdapat 75% primigravida yang mengalami kecemasan. Hal ini disebabkan karena cakupan pelayanan antenatal di Puskesmas Taliwang masih jauh dari target yang ditetapkan dimana cakupan K1 sebesar 64,6% dan cakupan K4 sebesar 59,3% dibandingkan dengan target nasional tahun 2010-2014 sebesar 95% untuk K1 maupun K4. Berdasarkan kondisi tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang hubungan pemeriksaan antenatal dengan tingkat kecemasan primigravida di Puskesmas Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

METODE PENELITIAN :
Populasi ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat periode April-Mei 2011 sebanyak 1.148 orang dengan jumlah ibu hamil yang melakukan pemeriksaan antenatal di Puskesmas Taliwang sebanyak 250 orang. Sampel yang digunakan yaitu 48 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner, wawancara dan observasi. Desain penelitian yang digunakan adalah studi korelasional dengan pendekatan cross sectional. Analisa data yang digunakan adalah uji Chi-Kuadrat dengan taraf signifikansi 5%.

HASIL PENELITIAN :
Hasil penelitian diperoleh sebanyak 10 orang (20,8%) yang mendapatkan standar pelayanan antenatal dalam kategori baik, 20 orang (41,7%) dalam kategori cukup, dan 18 orang (37,5%) dalam kategori kurang. Sebanyak 13 orang (27,1%) yang mengalami kecemasan ringan, 21 orang (43,7%) yang mengalami kecemasan sedang, dan 14 orang (29,2%) yang mengalami kecemasan berat.

KESIMPULAN :
Ada hubungan pemeriksaan antenatal dengan tingkat kecemasan primigravida di Puskesmas Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat dengan nilai X2 hitung> X2 tabel (X2 hitung = 14,747 dan X2 tabel = 9,488). Disarankan kepada petugas kesehatan agar memberikan pelayanan antenatal dengan baik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan agar primigravida yang akan menghadapi persalinan tidak mengalami kecemasan lagi.


Kata kunci : pemeriksaan antenatal, tingkat kecemasan primigravida.


Klik Dibawah Ini Untuk Download Filenya :

Cover : Download
Abstrak : Download
BAB I Pendahuluan : Download
BAB II Tinjauan Pustaka : Download
BAB III Metodelogi Penelitian : Download
BAB IV Hasil dan Pembahasan : Download
BAB V  Penutup : Download
Daftar Pustaka : Download
Lampiran : Download 
 



No comments:

Popular Posts